Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Indah dan Uniknya Persahabatan di Dunia Maya!



 “Sahabat” adalah kata yang indah, Anda setuju?

Kata yang memiliki makna positif, enak dibaca enak diucapkan dan enak didengar.

Tapi, sekarang ada kata-kata yang sangat pupuler di dunia maya, “Sahabat Online” atau “Teman Online”.

Persahabatan di dunia maya juga tak kalah indahnya dengan persahabatan di dunia nyata. Bahkan ada sisi unik dan menarik tersendiri di dalamnya.

Kami tidak saling kenal sebelumnya. Tidak juga pernah saling ketemu. Namun kami punya minat, masalah atau tujuan yang sama. Kami bisa saling memahami satu sama lain. Kami bisa saling berbagi, saling mendukung dan menguatkan. Kami juga bisa saling memaklumi dan saling memaafkan.

Banyak diantara teman-teman online yang belum pernah bertemu sekalipun. Namun, kami merasa begitu dekat, begitu akrab. Kadang ada kerinduan ketika sang teman tak muncul di layar komputer atau handphone. Kadang terbersit kekhawatiran, apa gerangan yang terjadi dengan dia? Apakah dia sakit? Ataukah dia sedang dirundung masalah?

Tak ada keharusan untuk menyapa atau memberi komentar atas pernyataan sang teman di media online. Namun kadang ada dorongan yang kuat untuk menuliskan sesuatu, sekedar mengomentari, berbagi cerita, memberi saran dan masukan. Ikut berbahagia ketika dia bahagia. Memberinya dukungan ketika dia sedang didera masalah.

Saya bisa memaklumi dan tak merasa sakit hati ketika seorang teman online mengatakan sesuatu yang menyinggung perasaan. Karena saya memahami suasana hati dan kondisi psikologisnya.

Tak jarang, setelah menyadari kekeliruannya, sang teman dengan tulus meminta maaf. Dan tentu saja saya memaafkannya.

Kami dipisahkan jarak dan waktu, juga tak saling terikat, namun kami merasa dekat seperti sahabat lama. Seperti kata pepatah, jauh di mata dekat di hati.

Walaupun hanya berkomunikasi melalui deretan kata di layar komputer atau handphone, kami bisa saling merasakan getaran emosi masing-masing. Ada jiwa dalam deretan kata-kata itu.

Lewat kata-kata itu pula kami saling berempati dan memberi sugesti.

Walaupun kami bisa berinteraksi di dunia maya dengan beragam fasilitas dan aplikasi yang tersedia, kapanpun dan di manapun, tetap saja kehadiran secara fisik tak tergantikan.

Setelah sekian lama saling mengenal, saling memahami suasana hati dan pikiran masing-masing, saling mendukung dan saling menguatkan, kadang muncul kerinduan untuk bertemu dan bertatap muka. Membayangkan pertemuannya saja sudah merasa bahagia, apalagi jika bertemu.

Saat bertemu, kami tidak merasa bertemu dengan orang asing yang baru dikenal, tapi seperti bertemu teman lama yang sudah sangat akrab. Ada kebahagiaan dan kehangatan yang tak bisa digambarkan dengan kata-kata.

Itulah indah dan uniknya persahabatan di dunia maya, yang kadang berlanjut ke dunia nyata. Persahabatan yang tulus tanpa pamrih.

Jika anda punya teman atau sahabat online, jaga dan pupuk hubungan baik itu sebisa mungkin.

Anda punya pengalaman unik dan menarik dengan sahabat online anda? Silakan berbagi di komentar.

Posting Komentar untuk " Indah dan Uniknya Persahabatan di Dunia Maya!"