Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berdoalah Pada Waktu Ini, Niscaya Terkabul

Bulan Ramadhan menjadi bulan yang ditunggu-tunggu oleh kaum muslimin. Hal tersebut dikarenakan pada bulan tersebut Allah melimpahkan banyak keberkahan serta membuka pintu ampunan. Maka dari itu banyak orang yang kemudian berlomba-lomba dalam mengerjakan amalan kebaikan.

Selain itu, banyak juga kaum muslim yang menjadikan bulan Ramadhan sebagai momentum untuk berubah menjadi lebih baik dan membantu sesama. Selain itu, di bulan ini juga menjadi waktu yang tepat untuk berdoa kepada Allah SWT.

Bahkan Allah membuka kesempatan yang begitu luas kepada hamba-Nya untuk melantunkan doa. Ternyata, dibulan Ramadhan ada beberapa waktu terbaik untuk berdoa dan berpeluang besar akan dikabulkan oleh Allah SWT. Kapan sajakah waktu tersebut? Berikut informasi selengkapnya.

1. Sepertiga Malam Terakhir
Waktu yang mustajab pertama untuk diterimanya doa adalah sepertiga malam terakhir. Pada hari biasa selain Ramadhan mungkin akan sulit untuk berdoa pada waktu ini. Akan tetapi, di bulan Ramadhan berdoa sepertiga malam terakhir menjadi hal yang mudah karena umumnya pada waktu ini banyak orang yang bangun untuk melaksanakan sahur. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, “Siapa saja yang berdo’a kepadaKu, niscaya akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepadaKu, niscaya Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepadaKu, niscaya akan Aku ampuni.” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

2. Waktu Sahur
Selain sepertiga malam terakhir, ternyata waktu sahur juga menjadi saat yang tepat dan mustajab agar diterimanya doa oleh Allah SWT ketika bulan suci Ramadhan tiba. Dengan berdoa ketika sahur kita juga termasuk ke dalam golongan orang yang bertakwa. Allah SWT berfirman.

“Ketika waktu sahur (akhir-akhir malam), mereka berdoa memohon ampunan” (QS. Adz Dzariyat: 18)

3. Sepanjang Waktu Puasa
Bulan Ramadhan menjadi bulan yang penuh berkah. Sepanjang waktu puasa yang kita jalani ternyata menjadi saat yang tepat untuk berdoa kepada Allah SWT. Jadi jangan sia-siakan waktu sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Perbanyaklah berdoa kepada Allah SWT, sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

“Ada tiga golongan yang doa mereka tidak ditolak: (1) orang yang berpuasa hingga ia berbuka, (2) imam yang adil dan (3) doa orang yang dizalimi.” (HR Tirmidzi)

4. Menjelang Berbuka
Waktu yang mustajab dan diterima doa selanjutnya ketika bulan Ramadhan adalah ketika menjelang berbuka. Lebih tepatnya ketika kita menanti tibanya adzan magrib. Mungkin banyak dijumpai orang yang mengeluh dan mengadu menjelang buka puasa. Alangkah lebih baik apabila kebiasaan tersebut diubah dengan memperbanyak doa kepada Allah SWT. Selain itu, hentikan juga obrolan yang tidak bermanfaat serta menonton acara yang menjauhkan kita dari ketakwaan dan tidak bermanfaat. Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya orang yang berpuasa memiliki doa yang tidak tertolak pada saat berbuka.” (HR Ibnu Majah)

“Jika Nabi Muhammad shollallahu ’alaih wa sallam berbuka, ia berdoa: Dzahabaz zhamaa-u wabtalatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insyaa Allah (Telah hilang dahaga, telah basah urat-urat dan semoga ganjaran didapatkan, insya Allah).” (HR Abu Dawud ).

5. Malam Lailatul Qadar
Pada saat bulan Ramadhan ada satu malam yang disebut dengan malam Lailatul Qadar. Malam tersebut merupakan malam diturunkannya Al-Qur’an kepada Rasulullah SAW. Seperti yang diketahui bahwa malam tersebut lebih utama dibanding 1000 malam.

Oleh karena itu, pada malam ini dianjurkan untuk memperbanyak ibadah kepada Allah juga memperbanyak berdoa. Sebagaimana yang diceritakan oleh Ummul Mu’minin Aisyah Radhiallahu’anha:

“Aku bertanya kepada Rasulullah: Wahai Rasulullah, menurutmu apa yang sebaiknya aku ucapkan jika aku menemukan malam Lailatul Qadar? Beliau bersabda: Berdoalah:

Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni [‘Ya Allah, sesungguhnya engkau Maha Pengampun dan menyukai sifat pemaaf, maka ampunilah aku”].”(HR. Tirmidzi)

Selain doa di atas, ada juga doa-doa mustajabah lainnya yang telah banyak dijelaskan di dalam hadist Rasulullah SAW.

6. Saat Adzan
Waktu selanjutnya yang juga ternyata mustajab dan akan diterima doa adalah saat adzan. Selain dianjurkan untuk menjawab adzan dengan lafadzh yang sama, ternyata kita juga dianjurkan untuk berdoa ketika adzan berkumandang. Rasulullah SAW bersabda:

“Doa tidak tertolak pada dua waktu, atau minimal kecil kemungkinan tertolaknya. Yaitu ketika adzan berkumandang dan saat perang berkecamuk, ketika kedua kubu saling menyerang.” (HR. Abu Daud)

7. Diantara Adzan dan Iqamah
Waktu jeda antara adzan dan iqamah ternyata juga menjadi saat yang tepat dan dianjurkan untuk berdoa kepada Allah SWT. Hal ini berdasarkan hadist dari Rasulullah SAW:

“Doa di antara adzan dan iqamah tidak tertolak.” (HR. Tirmidzi)

8. Ketika Sujud dalam Shalat
Allah SWT juga akan mengabulkan doa seseorang ketika mereka melaksanakan shalat. Tepatnya saat orang tersebut sujud di dalam shalatnya. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

“Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu.” (HR. Muslim)

9. Ketika Turun Hujan
Hujan menjadi salah satu bentuk rezeki dari Allah SWT. Akan tetapi masih banyak orang yang tidak bersyukur akan hal ini. Padahal ketika hujan turun merupakan salah satu waktu yang tepat dan diterimanya doa seseorang mukmin oleh Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda:

“Carilah waktu pengabulan doa ketika pasukan berhadapan, ketika shalat ditegakkan, dan ketika hujan turun.”

10. Pada Hari Jumat
Waktu terakhir yang paling mustajab dan diterimanya doa selama bulan Ramadhan adalah pada hari jumat. Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda;

“Di dalamnya terdapat waktu, dimana tidaklah seorang muslim bertepatan dengannya sedang ia dalam keadaan berdiri shalat dan meminta sesuatu kepada Allah Ta’ala kecuali Dia akan memberikannya.”

Demikianlah informasi mengenai waktu yang mustajab dan diterimanya doa oleh Allah SWT selama bulan suci Ramadhan. Setelah mengetahui informasi ini, semoga kita bisa memanfaatkan waktu di bulan suci dengan amalan yang lebih bermanfaat.
Tag : Amalan, Doa, Ibadah, Islam

Posting Komentar untuk "Berdoalah Pada Waktu Ini, Niscaya Terkabul"