Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Empat Rahasia Di Balik Lafal Asmaul Husna

Empat Rahasia Di Balik Lafal Asmaul Husna -
Asmaul Husna merupakan nama-nama Allah yang baik, mulia serta agung sesuai dengan sifat yang dimiliki-Nya. Nama Allah ini berjumlah 99 nama yang masing-masing memiliki makna maha indah. Keseluruhan nama agung tersebut merupakan kebesaran dan kekuasaan dari Allah SWT, sebagai pencipta dan pemilihara alam semesta.

Ternyata di balik lafal Asmaul Husna terdapat rahasia yang belum banyak diketahui oleh orang. Tiap-tiap nama tersebut mempunyai pengaruh dan manfaat yang besar serta menakjubkan terhadap kehidupan manusia.

Nama-nama Allah itu mempunyai khasiat  yang dapat dijadikan sebagai pengaduan akan maksud dan tujuan serta bisa mensejahterakan hidup di dunia dan akhirat. Berikut ini adalah empat rahasia di balik lafadz Asmaul Husna yang perlu diketahui.

1. Berdo’a Dengan Asmaul Husna
 Umat Islam telah dianjurkan untuk berdo’a dengan melafalkan nama-nama Allah (Asmaul Husna). Untuk itu, sempatkan waktu untuk membaca seluruh nama-nama Allah tersebut atau salah satu dari padanya. Ada dua keuntungan yang akan diperoleh ketika mengamalkan Asmaul Husna ini, yang pertama yaitu dari segi membacanya saja sudah termasuk ibadah. Kedua berdoa dengan membacanya juga sudah termasuk ibadah.

Itulah baru dua pahala yang akan diperoleh jika membaca do’a dengan Asmaul Husna. Belum lagi jika doa tersebut dikabulkan oleh Allah SWT, maka akan bertambahlah keuntungan yang tidak ternilai harganya.

Allah SWT. Berfirman dalam Al-Qur’an surah Al-Hasyr Ayat: 24 : Dialah Allah yang Menciptakan, yang Mengadakan, yang membentuk Rupa, yang mempunyai Asmaul Husna. Bertasbih kepadanya apa yang di langit dan bumi. dan Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

2. Zikir Dengan Asmaul Husna
Asmaul Husna selain bisa dilafalkan dalam do’a namun juga bisa diucapkan ketika berzikir. Untuk itu, jika belum menghafal ke-99 nama-nama Allah ini bisa melakukan zikir dnegan melihat Al-Quran atau buku-buku terkait Asmaul Husna. Lalu berzikirlah dengan menyebutkan Asma Allah tersebut sebanyak-banyaknya.

Ketika mengucapkan Asmaul Husna ini lakukanlah dengan khusyuk, resapi, hayati arti dan renungkan Nama Allah yang indah itu. Maka setelah perasan yang luar biasa akan dirasakan, seperti ketenangan, kedamaian, dan ketentraman dalam jiwa. Untuk itu, teruslah berzikir dengan Asma Allah yang maha indah ini. dengan menghafal dan memaknainya akan membuat orang tersebut mendapatkan pahala di sisi Allah SWT.


3. Membuka Pintu Rizki
Tidak hanya bisa digunakan dalam berdoa dan zikir, namun Asmaul Husna ini juga bisa menjadi pembuka pintu rezeki. Ketika berdoa sempatkanlah untuk menghayati satu persatu arti Asmaul Husna. Anjuran untuk berdoa menggunakan Asmaul Husna telah tercermin dalam firman Allah Q.S Al-A’raf ayat 80, yang artinya:

“Hanya milik Allah Asma-Ul Husna, maka berdoalah kepadaNya dengan menyebut Asma-Ul Husna, dan tinggalkan orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-namaNya. Nanti mereka akan mendapatkan balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan”.

Maha Suci Allah yang telah memaparkan manfaat pelafalan Asmaul Husna ini dalam sebuah ayat suci. Dahsyatnya manfaat Asmaul Husna ini membuat kaum muslim harus mampu dan senantiasa bersandar pada perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya.

Rasulullah saw bersabda:” Allah mempunyai 99 nama. Barang siapa yang berdoa dengannya niscaya Allah akan mengabulkan doanya. (HR Imam Abu Nu’aim dan Imam Ibnu Mardawaih)

Inilah bukti bahwa Asmaul Husna mampu menjadi doa yang sangat baik dan luar biasa untuk kita sama-sama dalam memaknainya.

4. Asmaul Husna Nutrisi Otak Kanan dan Kiri
Rahasia terakhir mengenai Asmaul Husna adalah ternyata nama Allah yang Maha Indah ini bisa dijadikan nutrisi bagi otak kanan dan kiri. Hal ini pernah tulis oleh Rizem Aizid dalam buku karangannya yang berjudul ‘Asmaul Husna untuk Nutrisi Otak kanan dan Kiri’. Perlu diketahui bahwa amalan Asmaul Husna mempunyai manfaat untuk merangsang IQ dan EQ jika dilakukan secara terus menerus. Namun, tidak semua Asmaul Husna yang memiliki khasiat untuk menutrisi otak kanan dan kiri. Melainkan ada 72 Asmaul Husna yang memiliki fungsi demikian, di antaranya Ya Rahman, Ya Rahim, dan Ya Malik.

Itulah empat rahasia di balik lafal Asmaul Husna. Mulai dari sekarang mari mencoba untuk menghafal Asmaul Husna ini dan lakukan dengan ikhlas atas dasar mengharap keridhaan Allah SWT. Niscaya kita akan merasakan hal luar biasa yang disebutkan di atas. Dari paparan berbagai manfaat Asmaul Husna di atas, maka ditarik kesimpulan bahwa Asma Allah tersebut tidak hanya bermanfaat untuk akhirat saja, namun juga untuk kebahagiaan dunia.
Tag : Islam

Posting Komentar untuk "Empat Rahasia Di Balik Lafal Asmaul Husna"