Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keromantisan Rasulullah yang Patut Ditiru Suami Masa Kini

Keromantisan Rasulullah yang Patut Ditiru Suami Masa Kini -
Setiap sisi lain kehidupan Nabi Muhammad SAW pastinya ingin diketahui orang banyak. Tidak hanya tentang mukjizat menakjubkan yang Allah karuniakan kepada dirinya, bahkan hal-hal kecil dalam keseharian yang Beliau lakukan, juga selalu menjadi teladan. 

Dalam kehidupan rumah tangga misalnya. Semasa hidup, Nabi selalu memperhatikan hal kecil yang membuat orang yang dicintainya bahagia. Tidak perlu mahal, bahkan dengan lomba lari, di tengah perang mencari kalung istri, menjadi serangkaian kisah yang membuat hati wanita masa kini kian iri

Sebagian suami mungkin akan berkata “Aku bukan Nabi, sehingga tidak mungkin bisa melakukan hal itu”. Namun faktanya, apa yang dilakukan Rasulullah bukanlah perkara sulit. Bahkan tergolong mudah, murah, namun membuat rasa cinta istri semakin bertambah. Seperti apa romansanya? Berikut kisahnya.

1. Memanggil dengan Sebutan Mesra
Tidak sedikit yang kita jumpai pasangan suami istri memiliki panggilan sayang tersendiri.  Namun banyak juga panggilannya berubah dan berkonotasi negatif sehingga menyakiti hati istri. Misalnya ‘ndut’ (gendut), gembrot dan panggilan yang mengarah kepada fisik istri yang sudah tidak secantik dulu.

Namun tidak begitu dengan Nabi Muhammad. Ia begitu mesra memanggil istri-istrinya dengan panggilan sayang. Teruntuk Aisyah ra, Rasulullah SAW memanggilnya dengan sebutan humaira (yang pipinya kemerah-merahan), Rasul juga sering memanggilnya “Wahai Aisy” untuk menunjukan kemanjaan dan kesayangan.
Istri mana yang tidak bahagia jika suaminya lemah lembut memanggilnya dengan panggilan sayang?

Dipastikan tindakan ini akan semakin menumbuhkan rasa cinta istri kepada suaminya. Nah para suami, ayo sekreatif mungkin untuk membuat nama panggilan untuk istri tercinta. Namun pastinya yang bermakna baik agar istri semakin sayang.

2. Lomba Lari dengan Istri
Lomba lari? Mungkin moment ini hanya akan terjadi saat perayaan 17 Agustus saja. Namun bukan bersama suami, akan tetapi bersama Ibu-ibu komplek. Ya, berlomba lari bersama istri tentu menjadi hal yang cukup aneh jika dilakukan saat ini. Sebagian akan menyebutnya tindakan kenakak-kanakkan.

Namun bagaimana bisa dianggap kekanak-kanakkan jika orang yang paling sempurna di muka bumi melakukan ini? Bukankah lebih baik mencontoh dan melihat sendiri bagaimana perubahan sang istri. Kisah tentang lomba lari Rasulullah SAW dengan istrinya dikisahkan oleh Aisyah ra.

Saat itu, Rasul dan Aisyah yang masih gadis dan ramping tengah dalam perjalanan pulang dalam sebuah lawatan. Tiba-tiba, Nabi Muhammad SAW memerintahkan rombongannya untuk berjalan lebih dulu. Setelah rombongan itu meninggalkan keduanya, Rasulullah SAW kemudian mengajak Aisyah untuk lomba lari.

“Kemarilah! sekarang kita berlomba lari.” Aku pun meladeninya dan akhirnya aku dapat mengungguli beliau. Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam hanya diam saja atas keunggulanku tadi. Hingga pada kesempatan lain, ketika aku sudah agak gemuk, aku ikut bersama beliau dalam sebuah lawatan. Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan rombongan agar bergerak terlebih dahulu. Kemudian beliau menantangku berlomba kembali. Dan akhirnya beliau dapat mengungguliku. Beliau tertawa seraya berkata: “Inilah penebus kekalahan yang lalu!” (HR. Ahmad)

Ah, Rasulullah. Teladan mu sungguh membuat iri setiap wanita yang mendengar kisah ini. Semisal saat ini ada suami yang berjaya, menjadi pemimpin besar dalam sebuah perusahaan, mustahil sekali bisa melakukan aktivitas ini.

3. Memanjakan Istrinya
Tidak melulu dengan uang, Rasulullah SAW kerap memanjakan istri-istrinya dengan tindakannya. Rasulullah paham betul bagaimana memperlakukan istri-istrinya sebagai wanita yang perlu dihargai dan dikasihi.

Dari Anas, dia berkata: “Kemudian kami pergi menuju Madinah (dari Khaibar). Aku lihat Nabi Sallallahu ‘Alaihi Wa Sallam menyediakan tempat duduk yang empuk dari kain di belakang beliau untuk Shafiyyah. Kemudian beliau duduk di samping untanya sambil menegakkan lutut beliau dan Shafiyyah meletakkan kakinya di atas lutut beliau sehingga dia bisa menaiki unta tersebut.” (HR Bukhari)

Nabi saw biasa memijit-menjepit hidung ‘Aisyah jika ia marah dan beliau berkata, Wahai ‘Aisya, bacalah do’a: “Wahai Tuhanku, Tuhan Muhammad, ampunilah dosa-dosaku, hilangkanlah kekerasan hatiku, dan lindungilah diriku dari fitnah yang menyesatkan.” (HR. Ibnu Sunni).

Coba jepit hidung istri ketika mereka sedang marah dan tetap bertutur dengan lembut! Bisa tidak?

4. Mandi Bersama
Rasulullah SAW merupakan pemimpin besar yang bisa saja luput akan romansa cinta. Namun pada kenyataannya, istrinya selalu menjadi harta terindah yang meski dengan kejayaan lain yang dimiliki. Salah satu aktivitas Rasul yang mungkin jarang terjadi saat ini adalah mandi bersama.  Dalam sebuah riwayat, mandi bersama dengan Siti ‘Aisyah radhiyallahu anha dalam satu kamar mandi dengan bak yang sama.

Dari 'Aisyah radhiallahu ‘anha, ia berkata, “Aku pernah mandi dari jinabat bersama Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam dengan satu tempat air, tangan kami selalu bergantian mengambil air.”
(HR Mutafaqun ‘alaih).

5. Mencari Kalung Aisyah yang Hilang
Pada suatu ketika Aisyah ikut dengan Rasulullah dan kaum mukmin melakukan perjalanan. Namun di tengah perjanalan Aisyah menyadari jika kalungnya hilang. Ternyata Nabi begitu memahami kekhawatiran istrinya. Rasulullah SAW dan rombongan bahkan rela bersusah payah mencari-cari kalung tersebut. Mereka harus tertahan di Dzatul Jaisy, untuk mencari kalung Aisyah.

Bayangkan begitu pengetiannya Rasulullah yang tidak ingin melihat istrinya sedih karena kehilangan kalung. Tindakan Rasulullah ini bahkan sempat membuat marah rombongannya.  Mereka kesal karena hanya kalung perjalanan mereka harus terhenti. Namun bagi Nabi, menemukan kalung tersebut memiliki arti yang begitu penting. Yakni, tidak ingin melihat istrinya bersedih.
Tag : Islam, Keluarga

Posting Komentar untuk "Keromantisan Rasulullah yang Patut Ditiru Suami Masa Kini"