Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BUNGA MAHONI DENGAN SEJUTA MANFAATNYA, YAITU MENGATASI DIABETES, DARAH TINGGI DAN DARAH TINGGI YANG TIDAK DIKETAHUI OLEH SEMUA ORANG, BERIKUT CARA MERACIKNYA

BUNGA MAHONI DENGAN SEJUTA MANFAATNYA, YAITU MENGATASI DIABETES, DARAH TINGGI DAN DARAH TINGGI YANG TIDAK DIKETAHUI OLEH SEMUA ORANG, BERIKUT CARA MERACIKNYA -


Seperti kebanyakan obat, mahoni juga pahit terasa. Namun, dibalik pahitnya itu tersimpan manfaat alami untuk bermacam keluhan, yang antara lain karena kandungan flavonoid dan saponinnya.

Telah lama mahoni diambil juga sebagai bahan dasar mebel. Kemampuan dan kerindangan pohonnya digunakan untuk penyejuk jalan. Sesaat buahnya malah dibiarkan jatuh berguguran.

Di Malaysia mahoni memperoleh perhatian lebih. Di negeri tetangga itu, buah mahoni atau umum disebut sky fruit jadikan bahan dasar vitamin ataupun obat-obatan alami. Sebutan Sky Fruit itu lantaran buahnya menunjuk ke arah langit.

Penemuan buah mahoni sebagai vitamin dan obat-obatan pertama kalinya oleh ahli biokimia, DR. Larry Brookes, pada th. 190-an. Lalu buah mahoni yang mengandung flavonoid dan saponin di buat berupa ekstrak.

Kandungan flavonoidnya berguna untuk melancarkan peredaran darah, terlebih untuk mencegah tersumbatnya saluran darah, kurangi kadar kolesterol dan penimbunan lemak pada dinding pembuluh darah, menolong mengurangi rasa sakit, pendarahan, dan lebam, serta bertindak sebagai antioksidan untuk singkirkan radikal bebas.

Saponin berguna mencegah penyakit sampar, kurangi lemak tubuh, meningkatkan sistem kekebalan, memperbaiki tingkat gula darah, serta menguatkan manfaat hati serta memperlambat system pembekuan darah.

Menangani Hipertensi

Dalam farmakologi Cina dan penyembuhan tradisional lain disebutkan, tanaman obat ini memiliki karakter pahit, dingin, antipiretik (penurun panas), antijamur, dan bisa turunkan desakan darah tinggi. Efek farmakologis ini didapat dari penggunaan biji yang dikeringkan, digiling halus, sampai jadi serbuk.

Manfaat biji mahoni, yaitu menangani hipertensi, masalah gula darah, kurang nafsu makan, demam, dan membantu menjaga daya tahan. Langkah mengolahnya, biji ditumbuk atau dihaluskan jadi bubuk lalu diseduh dengan air panas.

Tanaman yang memiliki kemampuan sebagai astringent (mengeringkan) ini dapat mengendapkan protein selaput lendir usus dan membuat satu susunan yang membuat perlindungan usus, sampai menghambat asupan glukosa dan laju peningkatan glukosa darah.

Satu penelitian biji mahoni dalam turunkan glukosa darah pada hewan percobaan pernah ditangani Laurentia Mihardja, peneliti pada Center For Research and Development of Disease Control, NIHRD. Pemberian ekstrak mahoni dosis 45 mg/0 g bb setelah 7 hari menunjukkan hasil berbeda yang signifikan di banding pelarut serta sama dengan glikazide 7, 2 mg/0 g bb.

Disimpulkan, mahoni dapat turunkan glukosa darah pada hewan percobaan. Mahoni sesungguhnya begitu populer, terutama di saat 80-an. Maklum saja, pohon dengan batang kokoh dan menjulang ini gampang ditemui nyaris di selama jalan provinsi di Pulau Jawa. Waktu musim kemarau, bijinya banyak berguguran sampai dianggap sampah.

Siap Seduh

Hingga saat ini selalu ada yang memakai biji mahoni sebagai bahan basic ramuan untuk mengobati berbagai penyakit. Beredar dari mulut ke mulut, ramuan serbuk mahoni juga disadari memiliki manfaat untuk membantu sistem penyembuhan dan vitalitas. Selain serbuk, ada juga yang konsumsi selekasnya biji mahoni sesudah membuang kulit luarnya yang berupa pipih.

Sayang, lantaran dianggap sangat pahit, cara ini tidak popular lagi. Pada akhirnya beberapa produsen obat tradisional mengolahnya lewat cara serius berupa ramuan siap seduh. Apabila Anda ingin meramunya sendiri, sesungguhnya cukup mudah.

 Di pasar tradisional, biji mahoni banyak dijual dengan harga relatif murah.

Contoh Ramuan

Tak rumit bikin ramuan berbahan dasar serbuk mahoni, cukup mencampurkannya dengan air, yaitu :

- Untuk mengobati desakan darah tinggi, ambil 1/2 sendok teh serbuk biji mahoni dan satu gelas air panas. Berikan madu satu sendok makan, diaduk-aduk, sesudah hangat lalu diminum.

- Untuk pasien masalah gula darah, ramuannya sama saja dengan hipertensi, dan sebaiknya diminum 30 menit sebelum makan.

- Untuk masuk angin dan penambah stamina, ramuannya juga sama, tetapi bisa ditambahkan jahe.

- Jika ingin memanfaatkan ekstrak mahoni buatan pabrik, tetapkan yang telah memperoleh izin dari Tubuh POM. Jika ragu, dapat dikonsultasikan dulu dengan dokter, terutama untuk yang bermasalah dengan diabetes.

Posting Komentar untuk "BUNGA MAHONI DENGAN SEJUTA MANFAATNYA, YAITU MENGATASI DIABETES, DARAH TINGGI DAN DARAH TINGGI YANG TIDAK DIKETAHUI OLEH SEMUA ORANG, BERIKUT CARA MERACIKNYA"