HOBI MAKAN TERONG ??? , Jangan Buang Kulitnya !!! (Pecinta terong wajib baca, agar tidak menyesal!) ((BANTU SHARE))

HOBI MAKAN TERONG ??? , Jangan Buang Kulitnya !!! (Pecinta terong wajib baca, agar tidak menyesal!) ((BANTU SHARE)) -


Terong dengan berbagai jenis yang ada, tak tahu terong belanda, terong ungu, hijau ataupun panjang adalah salah satu menu favorit oleh beragam kalangan. Rasanya yang khas serta lezat untuk berbagai masakan jadikan terong selalu ada di berbagai menu kuliner.

Dibalik kelezatannya, sayur (disebut juga buah) terong ini memiliki banyak faedah serta khasiat untuk kesehatan. Kaya kandungan mineral (kasium, besi) serta vitamin dan senyawa antioksidan aktif yang bertindak untuk meningkatkan system metabolisme badan sampai mencegah pertumbuhan sel kanker.

Akan tetapi...

Tak semua orang tahu serta paham bagaimana cara memasak yang direkomendasikan oleh pakar nutrisi supaya kandungan gizi didalamnya tak hilang. Dan tak menimbulkan efek samping yang begitu membahayakan untuk badan dalam periode panjang.

Menurut Shubhra Krishan, seorang pakar gizi serta ahli herbal terkemuka, juga penulis buku laku dengan topik pengobatan tradisional (dalam Care2, 17/05/13) menyebutkan kalau ada 2 hal utama yang perlu diperhatikan dalam memasak terong.

Berikut hal utama yang butuh diperhatikan dalam memasak terong, antara lain :

1. Kulit terong kaya nutrisi

Memasak terong begitu dianjurkan untuk tidak mengupas atau buang kulitnya.

Lantaran konsentrasi kandungan " phytonutrients " (nutrisi yang bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah serta menyehatkan otak) ada di bagian kulitnya.

2. Stop masak dengan digoreng

Menurut Shubhra, terong adalah bahan yang memiliki sifat menyerap banyak lemak. Begitupula saat terong dimasak dengan menggunakan minyak goreng, jadi bakal menyerap banyak lemak. Di mana serapan lemak dalam jumlah banyak itu malah merugikan kesehatan. Disarankan dimasak lewat cara dipanggang.

Menurut Dr. Waluyo Soerjodibroto, Ph. D., DSG, ahfi gizi dari UI. Terong memiliki zat spesifik, bisa menurunkan kolesterol. Berarti, memakan terong dengan cara bersamaan dengan makanan berkolesterol, jadi bikin kolesterol dalam makanan itu menurun. Namun, itupun bila terong disajikan lewat cara di rebus atau kukus. Lantaran terong yang di beri bumbu yang dimasak dengan menggoreng, terlebih dimasak dengan santan, jadi hilang semuanya khasiatnya, Yang ada cuma rasa nikmat di lidah.

Memang benar, semua sesuatu tentu ada ilmunya. Bila kita mengabaikan dua hal di atas, pastinya tujuan untuk mendapatkan faedah kesehatan dari konsumsi terong akan tidak terwujud.

Semoga lewat cara pas untuk memproses serta memasak terong jadikan badan kita lebih sehat jauh dari beragam penyakit setelah teratur mengkonsumsinya. Aamiin, inshaAllah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "HOBI MAKAN TERONG ??? , Jangan Buang Kulitnya !!! (Pecinta terong wajib baca, agar tidak menyesal!) ((BANTU SHARE))"

Post a Comment