Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Astagrfirullah!! Begini Siksa Neraka Berdasarkan Surat Al Waqiah ((Yuk Bantu Dak Share Artikel ini Semoga Jadi Amal Ibadah Kita))

Astagrfirullah!! Begini Siksa Neraka Berdasarkan Surat Al Waqiah ((Yuk Bantu Dak Share Artikel ini Semoga Jadi Amal Ibadah Kita)) -


Alquran berisi tentang peringatan serta kabar gembira. Dalam Qalam-Nya ini, Allah SWT memberikan berita gembira tentang gambaran kenikmatan kehidupan surga sebagai balasan untuk mereka yang beramal saleh waktu hidup didunia.

Tetapi, Allah juga berkali-kali menggambarkan tentang bagaimana kehidupan di neraka yang begitu pedih serta menakutkan. Walau nanti manusia akan disiksa berdasarkan keburukan yang diperbuat, tetapi penghuni tempat ini pasti akan merasakan siksa tersebut.

Salah satu surat dalam Alquran yang menjelaskan tentang kehidupan neraka yaitu Al-Waqiah. Surat ke-56 ini menerangkan bagaimana situasi, angin, air serta makanan manusia waktu ada di neraka. Seperti apa siksaannya? Tersebut ulasannya.

1. Angin Begitu Panas serta Air yang Mendidih
Allah SWT dalam surat Al-Waqiah menerangkan kalau pada hari kiamat kelak manusia bakal dibangkitkan jadi tiga kelompok, yaitu golongan kanan, kiri serta kelompok orang-orang yang lebih dulu beriman.

Kelompok kanan ini nanti akan ada di samping kanan Arsy serta keluar dari samping Kanan Adam.

Mereka di beri kitab catatan amal dengan tangan kanan mereka serta jadi mayoritas penduduk surga.

Sesaat kelompok kiri, yaitu mereka yang ada di sebelah kiri Arsy, serta keluar dari sebelah kiri Adam. Mereka jadi mayoritas penduduk neraka. Allah SWT menerangkan bagaimana sengsaranya kehidupan kelompok kiri ini.

Pertama yaitu siksaan dari terpaan angin serta air yang mendidih.

“Dan kelompok kiri, alangkah sengsaranya kelompok kiri itu. Mereka dalam siksaan angin yang sangat panas serta air yang mendidih. (Alwaqiah : 41-42)

Bila biasanya angin serta air dapat menyejukan manusia, jadi di neraka keadaannya tidak sama. Karena angin yang ada disana berbahan basic api yang panasnya demikian dasyat. Bahkan dalam satu kisah dijelaskan bila api yang ada didunia ini, cuma seperti bunga api akhirat kelak.

Abu Hurairah ra. menyebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda yang artinya” Api yang umum kalian nyalakan adalah beberapa dari tujuh puluh sisi panasnya neraka jahanam”

“Ya Rasulullah, untuk Allah sungguh api dunia ini betul-betul cukup panas, ” ungkap beberapa sahabat. (HR Bukhari, Muslim serta Tirmidzi).


Demikian juga dengan air yang mendidih. Panasnya demikian memuncak serta membakar badan penghuninya. Allah SWT juga menjelaskan mengenai air mendidih ini dalam surat Ar Rahman.

“Mereka berkeliling salah satunya serta diantara (hamimin) air panas yang mencapai puncak panasnya. ” (Qs. Ar-Rahman55 : 44)

2. Naungan Asap Tebal
Asap didunia saat terjadi kebakaran hutan demikian bikin ramai. Beberapa orang sakit dari mulai sakit mata, ISPA sampai kematian lantaran bencana kabut asap yang berlangsung. Lalu bagaimana dengan asap di akhirat, Ya Allah tentu lebih mengerikan lagi. Allah menjelaskan kalau penghuni neraka kelak bakal rasakan asap tidak tipis ini.

“Dan naungan asap hitam. Tidak sejuk serta tidak menyenangkan. ” (Alwaqiah : 43-44)

Naungan atau bayangan umumnya dapat dijadikan untuk tempat berteduh saat seorang merasa kepanasan. Tetapi tidak dengan bayangan di neraka, lantaran bayangan yang ada disana yaitu bayangan asap neraka. Allah SWT juga menjelaskan dalam Al-Mursalat77 : 30-33

“Pergilah anda untuk mendapatkan bayangan (naungan) yang memiliki tiga cabang, yang tidak melindungi serta tidak juga menampik nyala api neraka. Sesungguhnya neraka itu melontarkan bunga api sebesar serta setinggi istana, seakan-akan ia iringan unta-unta kuning. ” (Qs. Al-Mursalat77 : 30-33)

3. Memakan dari Pohon Zaqqum
Zaqqum adalah pohon yang buahnya jadi makanan beberapa penghuni neraka. Tetapi janganlah memikirkan buah zaqqum seperti apel serta anggur, lantaran zaqqum bakal menyebabkan sakit diperut serta menyiksa yang mengkonsumsinya. Tetapi tidak ada pilihan lain dari masyarakat neraka. Mereka sangat terpaksa memakannya lantaran telah tak ada makanan lain.

“Kemudian sebenarnya anda, wahai orang-orang yang sesat lagi mendustakan. Pastinya akan memakan pohon zaqqum. Jadi bakal penuh perutmu dengannya. Kemudian kami bakal meminum air yang begitu panas. Jadi anda akan minum seperti unta yang begitu kehausan. Tersebut hidangan buat mereka dihari pembalasan” (Al-Waqiah : 51-56).

Rasulullah Shallahu’alaihi wa Sallam bersabda, ”Seandainya setitik dari zaqqum diteteskan didunia pasti akan menghancurkan kehidupan semuanya penghuninya. Lantas bagaimana dengan kondisi orang yang menjadikan zaqqum sebagai makanannya? ” (HR At-Tirmidzi, Ibnu Majjah dalam sunannya, kitab Az-Zuhud, bab Shifat An Nar, 8/4325.)

Ya Allah, lindungilah kami dari siksa Neraka-Mu yang begitu pedih serta menyiksa. Berilah kami kekuatan agar selalu ada di jalan-Mu. Supaya kami tidak pernah bertemu dengan tiga penyiksaan ini serta penyiksaan lain yang mengerikan itu.

Posting Komentar untuk "Astagrfirullah!! Begini Siksa Neraka Berdasarkan Surat Al Waqiah ((Yuk Bantu Dak Share Artikel ini Semoga Jadi Amal Ibadah Kita))"